Al-Idzaah : Jurnal Dakwah dan Komunikasi
Vol 3 No 2 (2021): Dakwah dan Komunikasi

BUDAYA PRASANGKA DAN GOSIP PERSPEKTIF QS. AL-HUJURAT: 12 (Analisis Ma’na cum Maghza)

Azka Noor (Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Siti Mursida (Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Gibah atau kerap kali disebut gosip merupakan fenomena yang banyak terjadi dikalangan masyarakat. Perbuatan tersebut tak jarang mengundang pertikaian dan permusuhan yang memicu terputusnya hubungan silaturahmi antara umat manusia. Hal tersebut bertambah parah seiring perkembangan teknologi di zaman modern ini. Masyarakat tidak hanya dapat mengakses informasi seseorang secara oral, namun juga melalui media sosial yang kapan saja dapat diakses tanpa adanya kontak fisik antara satu dengan yang lainnya. Perkembangan teknologi tersebut memiliki dampak positif dengan mudahnya mendapatkan informasi tentang seseorang sehingga memudahkan seseorang terhindar dari kejahatan. Namun hal tersebut dapat berdampak negatif jika hal yang di informasikan merupakan hal yang salah dan aib dari seseoranbg. Berangkat dari fenomena tersebut, tulisan ini mengupasTren Budaya Prasangka dan Gosip perspektif Qs. Al-Hujurat: 12 dengan menggunakan pendekatan ma’na cum maghza. Dengan beberapa langkah yang telah ditentukan oleh teori ma’na cum maghza untuk menemukan signifikansi dinamis dari Qs. Al-Hujurat: 12 menghasilkan beberapa poin positif diantaranya sebagai kontrol sosial dan mengurangi distorsi informasi yang tersebar luas, sedangkan poin negatif diantaranya dapat memicu terjadinya konflik diberbagai tempat dan rentan terkena kabar hoax bagi beberapa orang yang kurang memfilter informasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alidzaah

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Al-Idzaah : Dakwah dan komunikasi mempublikasikan artikel dakwah dan ilmu komunikasi. Scope artikel meliputi kajian media, dakwah, komunikasi, analisis ...