Saat ini banyak marketplace di Indonesia yang sedang mengalami perkembangan yang cukup signifikan di Indonesia yang salah satunya yaitu Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari citra merek dan daya tarik promosi baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil adalah masyarakat di Surabaya yang menggunakan marketplace Tokopedia berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Untuk membuktikan hipotesis yang diajukan, digunakan teknik analisis Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji F, Uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa citra merek dan daya tarik promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia. Untuk secara parsial citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia. Sedangkan untuk daya tarik promosi berpengaruh secara tidak signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia.
Copyrights © 2021