Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 12 No. 2a (2021): Vol. 12 No. 2a Special Issue (2021)

Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Yonata, Hendrian (Unknown)
Samara, Aldi (Unknown)
Susanti, Metta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara simultan maupun       parsial. Dalam penelitian ini untuk variabel Profitabilitas menggunakan indikator : rasio Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE), untuk variabel Leverage menggunakan indikator : rasio Debt to Asset Ratio (DAR), dan Debt to Equity Ratio (DER), untuk variabel Likuiditas menggunakan indikator : Rasio lancar (Current Ratio), dan Rasio cepat (Quick Ratio), untuk variabel Ukuran Perusahaan menggunakan indikator : Total Aktiva dan Total Penjualan, dan untuk variabel Nilai Perusahaan menggunakan indikator : Rasio Price Earning Ratio (PER) dan Tobin’s Q. Populasi dalam riset ini merupakan industri manufaktur sektor industri barang konsumsi sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020 sebanyak 10 perusahaan dan sampel pada penelitian ini sebanyak 9 (sembilan) perusahaan. Pengujian hipotesis dalam riset ini dilakukan dengan program Smart PLS (Partial Least Square). PLS merupakan metode alternatif analisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) yang berbasis variance. Pengujian Outer Model. Pengujian Outer Model dilakukan melaui Convergent validity, Discriminant Validity, Average Variance Extracted (AVE), Uji Reliabilitas. Pengujian Inner Model (Evaluasi Model Struktural). Pengujian inner model dilakukan melalui analisis R Square (R2), Multicollinearity, F-Square (F2), Q- Square (Q2) dan Analisa Besar Pengaruh. Berdasarkan hasil pengujian, R – Square memberikan nilai pengujian sebesar 0,616 untuk variabel Nilai Perusahaan yang dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan secara simultan mampu menjelaskan variabel Nilai Perusahaan sebesar 61,60%. Hal ini menunjukan bahwa tingkat Profitabilitas perusahaan, tingkat hutang perusahaan, kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajibannya serta total asset dan penjualan mempengaruhi Nilai Perusahaan secara substansial. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar dari penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian Q2 dapat dikatakan mempunyai nilai predictive relevance yang baik karena memiliki nilai yang lebih dari nol (0).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...