Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021)

Analisa Sentimen Pengunjung Hotel Dengan K-Nearest Neighbor Studi Kasus Hotel Pop! Surabaya

Permana, Kevin (Unknown)
Putra, Zuda Pradana (Unknown)
Nugroho, Aryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Keberadaan tripadvisor telah banyak digunakan masyarakat luas untuk mencari dan memesan hotel, salah satu hotel yang sering di pesan adalah hotel POP! Surabaya. Hotel yang dinilai merupakan hotel yang banyak orang tahu dan memiliki harga yang terjangkau sehingga tidak sedikit wisatawan dari luar maupun dalam kota yang memesan hotel tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk menganalisis hotel POP! Surabaya melalui ulasan berbahasa Indonesia yang memiliki banyak ulasan antara negatif dan positif. Pada penelitian ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah proses pre-processing yang terdiri dari proses case folding, tokenisasi, stemming, normalisasi kata, dan stopwordl. Selanjutnya pada tahap kedua adalah dengan melakukan pembobotan kata menggunakan metode TF-IDF. Pada tahap terakhir yaitu melakukan klasifikasi dengan metode klasifikasi yang berisi tentang ulasan tertentu. Metode klasifikasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah K-Nearest Neighbor. Hasil yang diperoleh dari analisis sentimen terhadap hotel POP! Surabaya menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor memperoleh hasil akurasi optimal pada nilai k=5 sampai dengan k=9 yaitu sebesar 93,3%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...