Di dalam dunia bisnis maupun industri ritel pada zaman sekarang sangatlah berkembang pesat khususnya pada sektor penjualan barang yang berupa produk, permasalahan yang di hadapi adalah ke tidak tahuan dalam menggabungkan suatu produk ke dalam promo bundle. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan memprediksi produk yang akan di gabungkan untuk di jadikan promo bundle menggunakan metode algoritma apriori serta association rule dengan menggunakan 600 data transaksi. Dengan proses data mining dengan melibatkan analisa algoritma apriori dengan menentukan hasil frekuensi tinggi pada 1 itemset, kemudian dilanjut dengan menentukan hasil frekuensi tinggi 2 itemset, proses ini dilakukan untuk mencari minimal support dengan nilasi 0,05% dan 0,06% pada item set yang akan di gunakan, lalu di lanjut dengan pembentukan aturan asosiasi dengan menentukan minimal Confidence 75% setelah itu di lakukanlah pencarian pada expected confidence dan lanjut mencari nilai lift ratio. Setelah melakukan semua proses data mining itu selesai maka penelitian ini berhasil mendapatkan 4 rule yang berupa produk yang akan di gabungkan untuk menjadi promo bundle.
Copyrights © 2021