Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021): Vol. 12 No. 2 (2021)

Prediksi Produk Bundle Pada Promo Dengan Algoritma Apriori Menggunakan Association Rule

Muhammad, Iqbal Nur (Unknown)
Islam, Mochammad Fakhrul (Unknown)
Nugroho, Aryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Di dalam dunia bisnis maupun industri ritel pada zaman sekarang sangatlah berkembang pesat khususnya pada sektor penjualan barang yang berupa produk, permasalahan yang di hadapi adalah ke tidak tahuan dalam menggabungkan suatu produk ke dalam promo bundle. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan memprediksi produk yang akan di gabungkan untuk di jadikan promo bundle menggunakan metode algoritma apriori serta association rule dengan menggunakan 600 data transaksi. Dengan proses data mining dengan melibatkan analisa algoritma apriori dengan menentukan hasil frekuensi tinggi pada 1 itemset, kemudian dilanjut dengan menentukan hasil frekuensi tinggi 2 itemset, proses ini dilakukan untuk mencari minimal support dengan nilasi 0,05% dan 0,06% pada item set yang akan di gunakan, lalu di lanjut dengan pembentukan aturan asosiasi dengan menentukan minimal Confidence 75%  setelah itu di lakukanlah pencarian pada expected confidence dan lanjut mencari nilai lift ratio. Setelah melakukan semua proses data mining itu selesai maka penelitian ini berhasil mendapatkan 4 rule yang berupa produk yang akan di gabungkan untuk menjadi promo bundle.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...