Persepsi : Communication Journal
Vol 4, No 1 (2021): Mei 2021

Komodifikasi Agama dalam Program Siraman Qolbu bersama Ustadz Dhanu di MNCTV

Syarifah Fathimy Azizah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Tulisan ini merupakan bagian dari studi tentang komodifikasi agama dalam program Siraman Qolbu bersama ustadz Dhanu di MNCTV. Fokus dari tulisan ini adalah mengungkap bagaimana komodifikasi agama dan bentuk-bentuknya yang terjadi dalam program siraman Qolbu bersama ustadz Dhanu, melalui paradigma kritis ekonomi politik media yang dirumuskan Vincent Mosco dengan fokus pada aspek komodifikasi  dan untuk mengungkapkan temuan menggunakan analisis semiotika Roland Barthers. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya praktek komodifikasi dalam bentuk simbol-simbol baik verbal maupun nonverbal yang dikemas untuk meyakinkan penonton serta komodifikasi sosok ustadz Dhanu dalam mengiklankan produk dalam program tersebut.Kata kunci: program dakwah, komodifikasi agama, ekonomi politik media, analisis Semiotika 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PERSEPSI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PERSEPSI: Communication Journal is a media publication manuscript that contains the results of the Field Research communication science applying peer-reviewed. Manuscripts published in the JPersepi: Communication Journal includes the results of scientific research original articles scientific ...