Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran iNews TV Sumut dalam meningkatkan segmentasi pemirsa. Teori yang digunakan adalah bauran pemasaran, bauran promosi, segmentasi pemirsa dan teori segmentasi, targeting, positioning (STP). Subjek dalam penelitian ini adalah tim yang terlibat dalam memasarkan program iNews TV Sumut yakni enam informan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dalam merebut pasar pemirsa, iNews TV Sumut menerapkan serangkaian langkah yang terdiri atas tiga tahap, yaitu segmentasi, targeting, dan positioning (STP). iNews TV Sumut menerapkan konsep bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari produk/ product, harga/ price, tempat/place, promosi/promotion, orang/people, proses /process dan bukti fisik/physical evidence. Inews TV Sumut juga menerapkan bauran promosi (promotion mix) yang terdiri dari periklanan/advertising, promosi penjualan/sales promotion/humas/ public relation, penjualan tatap muka/personal selling, pemasaran langsung/direct marketing dan interaktif media/interactive media. Pensegmentasian pemirsa iNews TV Sumut dilakukan berdasarkan demografis, geografis, dan psikografis.
Copyrights © 2021