Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2021): Volume 6 Nomor 2 Desember 2021

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KARAKTER MANDIRI PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS 5 SDN WIJAYA KUSUMA

Mimin Ninawati (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)
Muhamad Anwar (Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Hubungan pola asuh orang tua masa pandemi ini sangat di perlukan untuk meningkatkan karakter mandiri pada pembelajar siswa dalam memperlancar proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Karakter Mandiri Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas 5. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data, serta penampilan dari hasil dan kesimpulannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode ini digunakan untuk mencari hubungan atau korelasi antara dua variabel atau lebih. Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan data yang didapat dari angket. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara hubungan pola asuh orang tua dengan karakter mandiri pada pembelajaran daring siswa kelas 5 dengan koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan. Koefesien korelasi antara X dan Y sebesar 0,569 berada pada klasifikasi cukup kuat. Adapun ketentuan uji korelasi dengan membandingkan rhitung > rtabel (0,569 > 0,349) dan p-value = 0,001 < 0,05. Dengan demikian koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan.Adapun ketentuan uji korelasi dengan membandingkan rhitung > rtabel (0,569 > 0,349) dan p-value = 0,001 < 0,05. Dengan demikian koefesien korelasi antara X dan Y adalah signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...