Pelayanan kesehatan yang diberikan Rumah Sakit Umum Hidayah masih kurang, hal ini terungkap karena mendengarkan keluhan pasien bahwa belum memuaskannya pelayanan yang diberikan baik dari segi fasilitas dan perlengkapan, kualitas pelayanan seperti seperti pelayanan medik, pelayanan obat-obatan dan pelayanan administrasi. Penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap dan pasien yang pernah dirawat inap setiap bulan di rumah sakit Hidayah pada tahun 2017 yaitu 140 orang, sedangkan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 58 sampel penelitian. Analisis data menggunakan analisi univariat, bivairat dan multivariat.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, kecepatan pelayanan, informasi dan informasi memiliki hubungan dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemanfaatan instalasi rawat inap (p
Copyrights © 2019