Pendekatan pembelajaran sangat penting bagi seorang guru agar pembelajaran bisa mencapai hasil yang maksimal.Peneliti menggunakan pendekatan” Belajar Andragogi ”. sebagai salah satu strategi pembelajaran dalam meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar pada siswa.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Denpasar Kota Denpasar tepatnya di kelas VIII/ E, Semester .Metode Pengambilan data menggunakan dua angket yaitu angket aktifitas dan soal penilaian. Angket aktifitas untuk melihat keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar serta untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan sesuai dengan tingkat pengalaman siswa yang dihadapi dalam kehidupannya. Sedangkan angket penilaian untuk melihat hasil belajar siswa dalam satu siklus. Dari hasil penelitian ternyata bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan” Pendekatan Belajar Andragogi, dapat meningkatkan rasa percaya diri dan pemahaman hasil belajar siswa.1. Peningkatan keaktifan anak dari siklus I ke siklus II sampai dengan siklus IIIyaitu: baru 30%, naik yaitu; 40% , Naik hingga mencapai: 87%.2. Peningkatan koopertif anak dari siklus I ke siklus II sampai dengan siklus IIIyaitu: naik yaitu : 37%, naik yaitu: 50% , Naik hingga mencapai: 80%.3. Peningkatan mencapai KKM dari siklus I ke siklus II sampai dengan siklus IIIyaitu: naik hingga mencapai: 40%, naik yaitu: 57% , Naik hingga mencapai.90%.Untuk itu peneliti sangat mengharapkan teori ini dapat berkembang dan bermanfaat dalam upaya meningkatkan hasil dalam proses belajar mengajar.
Copyrights © 2017