Penelitian ini merupakan kajian semiotik komunikasi visual mempelajari hakikat tentang keberadaan suatu tanda di kontes kecantikan dunia (world beauty peagant) yang menjadi tontotan fenomenal dan mencuri jutaan mata saat wanita-wanita cantik berjalan di panggung spektakuler. Dibalik kompetisi tersebut, ada makna komunikasi yang tersirat dari berbagai symbol komunikasi para pesertanya baik verbal maupun non verbal, bahkan dalam bentuk semiotika. Kontes kecantikan, baik dalam maupun luar negeri selalu mendapat perhatian khusus di berbagai media. Fenomena ini cukup menarik jika dikupas dalam konteks komunikasi semiotik dan visual, dimana persepsi dan pandangan tentang realitas, dikonstruksikan oleh kata-kata dan tanda-tanda lain yang digunakan dalam konteks sosial. Tanda membentuk persepsi manusia, lebih dari sekedar merefleksikan realitas yang ada. Tradisi semiotika sendiri melingkupi cakupan teori mengenai bagaimana tanda mewakili objek, ide, situasi, keadaan, perasaan, dan sebagainya. Metode yang digunakkan dalam penelitian ini adalah studi kajian literatur mengenai tanda pada kajian semiotika di kontes kecantikan dunia yaitu Miss Universe dan Miss World.Kata kunci : Pageant, Komunikasi, Semiotika, Visual.
Copyrights © 2021