Syntax Idea
Vol 2 No 10 (2020): Syntax Idea

Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Sub Tema Teks Interaksi Interpersonal Pada Kelas 8.1 SMPN 13 Bintan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020

Haslinda Haslinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris sub tema Teks Interaksi Interpersonal di kelas 8.1 model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write merupakan salah satu model yang digunakan oleh guru untuk memberi rangsangan siswa agar meningkatkan aktivitas dan hasil dalam belajar karena model Think Talk Write ini diterapkan berdasarkan tiga tahapan penting, yaitu tahap think (berpikir), talk (berdiskusi), dan write (menulis). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 13 Bintan Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8.1 yang berjumlah 17 siswa. Data penelitian untuk hasil belajar Bahasa Inggris diperoleh melalui tes evaluasi dari pembelajaran pada siklus I dan 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas 8.1. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada saat kondisi awal terdapat 7 siswa yang tuntas dalam KKM atau sebesar 43,5% dan yang belum tuntas terdapat 10 siswa atau sebesar 56,5%. Pada siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas dalam KKM atau sebesar 65,2%, dan yang belum tuntas terdapat 6 siswa atau sebesar 34,8%, sedangkan pada siklus II terdapat 15 siswa yang tuntas dalam KKM atau sebesar 91,3%, dan yang belum tuntas dalam belajar terdapat 1 siswa atau sebesar 8,7 %. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 8.1

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

syntax-idea

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Agriculture, Biological Sciences & Forestry Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT

Description

Syntax Idea. Jurnal Ilmiah Indonesia adalah jurnal yang diterbitkan oleh Ridwan Institute. Syntax Idea akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu umum. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ilmiah kritis dan komprehensif atas isu penting dan ...