Himpunan data yang besar dapat diolah menjadi informasi atau pengetahuan yang bermanfaat, salah satu data yang dapat diolah adalah data transaksi pembelian barang oleh konsumen pada toko Edi. Penelitian ini bertujuan untuk mengolah data tersebut dengan memanfaatkan proses data mining dengan menggunakan teknik assosiation rule. Teknik ini digunakan untuk merancang suatu strategi penjualandan sebagai pengaturan tata letak produk melalui proses pencarian asosiasi atau hubungan antar item data dari suatu basis data relasional. Salah satu teknik yang digunakan untuk menentukan pola tersebut yaitu dengan menggunakan algoritma Frequent Pattern-Growth (FP-Growth) dan algoritma Apriori.Hasil dari penelitian ini berupa perbandingan kedua aosiasi (rules) yang merupakan kumpulan frequent itemset dengan nilai support dan confidence pada data transaksi, sehingga hasilnya dapat diketahui hubungan-hubungan antara suatu barang dengan barang lainnya yang sering dibeli oleh konsumen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021