Al-Tadabbur ; Jurnal Kajian sosial, Peradaban dan Agama
Vol 7, No 1 (2021): Al-Tadabbur

REORIENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU MISKAWAIH (TELAAH KRITIS PEMIKIRAN DAN RELEVANSI DI ERA-MODERN)

Sya’ban Abdul Karim Karim (UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Hakikat pendidikan adalah sebagai upaya untuk mengembangkan intlektual dan membangun karakter yang berbasis Qur’ani. Hal ini menunjukkan bahwa, konsep dan metodologi pendidikan Islam tidak pernah berhenti dikembangan agar pendidikan dapat mewujudkan manusia yang berorientasi pada insan kamil yaitu pendidikan dengan berlandaskan nilai-nilai ke-Islaman. Fokus penelitian ini mengeksplorasi pendidikan dalam perspektif Ibn Miskuwaih yaitu salah satu tokoh filsof Muslim yang mencoba merekonstruksi dan menawarkan teori baru khususnya dalam bidang pemikiran pendidikan Islam. Ada beberapa asumsi dasar yang urgen dalam penelitian ini diantaranya, Pertama, Bagaiamana orientasi pendidikan dalam pemikiran Ibn Miskuwaih. Kedua, Kerangka epistemologi dalam merumuskan tujuan dan nilai-nilai pendidikan Islam. Ketiga, Relasi pemikiran dan relevansinya dalam konteks kekinian. Adapun pendekatan penelitian yaitu studi literature untuk menemukan konsep dan nilai-nilai pendidikan dalam perspektif Ibn Miskuwaih kemudian didukung dengan berbagai refrensi, artikel, jurnal, buku dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendidikan yang dirumuskan Ibn Miskuwaih adalah berfungsi untuk mewujudkan pendidikan yang mengedepankan ahlaqul karimah yang diaktualisasikan dalam pendidikan berlandaskan Islam yang  mewujudkan nilai-nilai kebaikan, syari’at, menegakkan ke-ilahian agar pendidikan mempunyai andil pada orientasi ke-Imanan dan ke-Islaman. Relevansi era kekinian, pendidikan telah mampu mengembangkan segala bentuk aspek dan mampu menanamkan pembelajaran sesuai dengan orientasi yang telah dirancang bersama guna untuk membangun kerangka dan pola pendidikan yang bersifat lemah lembut dengan bercorak asas-asas Islami agar membantu peserta didik dalam memperkenalkan ajaran-ajaran dan nilai-nilai moral dalam kehidupan khususnya pada pendidikan Islam tersebut.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

altadabbur

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

AL-TADABBUR (P-ISSN : 2527-3248; E-ISSN : 2613-9154 ) is a Journal published by Faculty of Ushuluddin Adab dan Dakwah of IAIN Ternate, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in social civilization and ...