Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo
Vol 4, No 2 (2020)

EDUKASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BAGI GURU SMA SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI PEMBELAJARAN EFEKTIF DI ERA NEW NORMAL

Aidil Adhani (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddidikan, Universitas Borneo Tarakan)
Nursia Nursia (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddidikan, Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

New Normal merupakan bentuk kebiasaan baru yang hampir ditemukan di setiap bidang selama pandemi covid-19, tidak terkecuali bidang Pendidikan. Guru sebagai fasilitator utama dalam pelakansanan pembelajaran di sekolah memiliki peran penting untuk membiasakan kebiasaan baru (new normal) bagi peserta didiknya. Guru perlu melakukan beberapa penyesuaian dalam kegiatan belajar mengajar, mulai dari tahap perencaan hingga evaluasi pembelajaran. Kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan pembelajaran secara daring mengharuskan guru untuk menyesuaikan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Salah satu solusi sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru yaitu menerapkan pembelajaran blended learning. Oleh karena itu, guru-guru dianggap perlu memperoleh edukasi yang tepat mengenai pembelajaran blended learning. Informasi diberikan melalui kegiatan webinar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi bahwa 87% guru peserta webinar memperoleh pengetahuan baru mengenai blended learning.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo) adalah journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian dosen, praktisi, dan Ahli kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan oleh LPPM UBT ...