Jurnal Agribest
Vol 4, No 2 (2020): September

Edukasi Pertanian Pada Siswa Dengan Kebun Sekolah Aktif Di SD Muhammadiyah 3 Surakarta

Rosyid Dwi Windarto (Universitas Sebelas Maret, Surakarta)
Rahmatdani Ardian Perkasa (Universitas Sebelas Maret, Surakarta)
Arifianto Pemdyan Nur R (Universitas Sebelas Maret, Surakarta)
Larasati Annisa Bella K (Universitas Sebelas Maret, Surakarta)
Rika Mayang Hapsari (Universitas Sebelas Maret, Surakarta)
Ernoiz Antriyandarti (Universitas Sebelas Maret, Surakarta)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2020

Abstract

Turunnya minat generasi muda terhadap sektor pertanian menjadi salah satu masalah serius yang harus dihadapi dan diantisipasi. Kajian ini bertujuan untuk mengedukasi siswa agar bercocok tanam dengan metode yang lebih mudah sehingga dapat membuka pandangan tentang bercocok tanam dan meningkatkan minat siswa untuk berkebun di SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Metode kajian yang digunakan adalah systematic review. Hasil kajian menunjukkan bahwa edukasi pertanian terhadap siswa dapat dilakukan melalui bertanam dengan metode microgreen. Pemberian materi dilakukan secara daring dengan membagi video tutorial penanaman metode microgreen dan memonitor perkembangan proses edukasi pertanian di SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Dengan demikian, setelah pandemi COVID-19 berakhir, dan sekolah mulai dibuka, siswa dapat melanjutkan kegiatan bercocok tanam melalui kebun sekolah aktif. Kendala dalam program ini adalah keterbatasan proses edukasi karena hanya menggunakan metode pembelajaran secara daring (dalam jaringan).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AGRIBEST

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

“JURNAL AGRIBEST” adalah Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian bidang Agribisnis, Sosial Ekonomidan bidang lainnya yang relevan terbit dua kali dalam setahun pada Bulan Maret dan September secara online dan ...