JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)
Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD melalui Metode Pemberian Tugas

Tarsono Tarsono (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Rahayu Indri Lestari (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Farijah Farijah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD di TK Tunas Harapan. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) yaitu dengan 2 siklus, masing-masing siklus 5 RPPH. Hasil Penelitian Pada kondisi awal sebelum tindakan perbaikan yaitu dengan kriteria berkembang sangat baik hanya 2 anak atau sama dengan 10%, pada siklus 1 meningkat menjadi 4 anak atau sama dengan 20%, dan pada siklus 2 meningkat secara signifikan menjadi 15 anak atau sama dengan 75%. Untuk kriteria berkembang sesuai harapan, pada kondisi awal 5 anak atau sama dengan 25%, pada siklus 1 meningkat menjadi 11 atau sama dengan 55%, dan pada siklus 2 menjadi 5 anak atau sama dengan 25%. Untuk kriteria mulai berkembang pada kondisi awal 9 anak atau sama dengan 45%, pada siklus 1 berkurang menjadi 5 anak atau sama dengan 25%, dan pada siklus 2 menjadi 0 atau sama dengan 0%. Untuk kriteria belum berkembang pada kondisi awal 4 anak atau 20% pada siklus 1 dan 2 tidak ada atau 0%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JAPRA adalah jurnal yang mengulas hasil penelitian, pengembangan keilmuan dan pengembangan karya inovatif yang relevan dengan disiplin Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD/PGRA). Jurnal ini diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati ...