EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 10, No 1 (2022)

Pengaruh Manajemen Pembelajaran Online dan Kemandirian Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19

Ni Luh Putu Cahayani (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran saat ini menghadapi peralihan dari pembelajaran konvensial (tatap muka) menjadi pembelajaran online yang wajib memerlukan kecermatan seluruh warga kampus sehingga tujuan pendidikan terwujud. Pada proses perjalanan pembelajaran onlinemendapatkan persoalan seperti keluhan jaringan, mahalnya kuota internet, pembelajaran yang tidak efektif, terlalu banyak tugas tugas serta penurunan kompetensi mahasiswa dan lainnya.Tujuan dari penelitian ini yakni mencari tahu pengaruh 1) Manajemen Pembelajaran Online pada Kepuasan Mahasiswa, 2) Kemandirian Belajar pada Kepuasaan Mahasiswa dan 3) Manajemen Pembelajaran Online serta Kemandirian Belajar pada Kepuasaan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Responden pada penelitian ini adalah sebanyak 43 orang yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah Penilaian Pembelajaran Ekonomi. Data dikumpulkan mempergunakan metode dokumentasi serta angket, kemudian dilakukan analisis product moment. Data dianalisa mempergunakanaplikasi SPSS 20.Temuan penelitianmenunjukkan ada pengaruh manajemen pembelajaran online (X1) terhadap kepuasaan mahasiswa (Y), dengan hasil uji t diperoleh t-hitung 3,635 >t-tabel - 1,987 serta bernilai signifikansi 0,003 < 0,05. Dan variabel Kemandirian Belajar (X2) memiliki pengaruh pada variabel kepuasan mahasiswa (Y) hal ini berdasarkan t hitung - 5,577 > t-tabel - 1.987 serta bernilai signifikansi 0,005 < 0,05. Terdapat pengaruh positif diantara manajemen pembelajaranonlineserta kemandirian belajar padakepuasan mahasiswa di masa pandemi covid-19 dengan nilai F hitung sebesar 44,202 yang bernilai signifikansi 0,000

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...