Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 12, No 1 (2021): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS IV SD

Alvira Dwi Utami (Unknown)
Nana Hendracipta (Unknown)
A Syachruroji (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ipa berbasis pendekatan scientific untuk pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan mendapat penilaian yang layak dari pakar terhadap minat belajar siswa pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 dengan subjek penelitian siswa kelas IV-C sejumlah 44 siswa dengan rincian 30 siswa pada uji coba terbatas. Jenis penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 6 tahap yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk .Instrumen yang digunakan berupa lembaran angket untuk validasi media oleh dosen dan lembaran angket siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas modul ipa berbasis pendekatan scientific yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak dengan persentase 87% dari ahli media, kategori sangat layak dengan persentase 84% dari 2 ahli 2 materi, dan 80% dari ahli bahasa. Respon  siswa terhadap modul ipa berbasis pendekatan scientific  pada uji coba dengan 30 responden sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Dan minat belajar siswa dengan penggunaan modul ipa berbasis pendekatan scientific dapat dikatakan siswa sangat minat belajar dengan penggunaan modul dengan persentase 96% dengan kategori baik. Kata Kunci:Modul IPA Berbasis Pendekatan Scientific, Kelas IV SD. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...