Jurnal Ilmiah Kesehatan
Vol 3, No 5 (2014): Jurnal Ilmiah Kesehatan

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN STIKes MUHAMMADIYAH PRINGSEWU TAHUN 2011

Asri Rahmawati (STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2014

Abstract

Tenaga kesehatan yang berkualitas adalah tenaga kesehatan yang mempunyai kemampuan soft skills dan hard skills yang seimbang, dimana kemampuan hard skills dapat dilihat dari prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan crossectional, tehnik sampling menggunakan total populasi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, Uji hipotesis menggunakan Chi square. Hasil penelitian univariat menunjukkan mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi 61,9 %, motivasi belajar rendah 38,1%, dan dari hasil penelitian bivariat didapatkan adanya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar (p=0,00 ) OR 19.375. Saran pada penelitian ini yaitu hendaknya orang tua dapat selalu membantu memberikan motivasi dan pengawasan pada anaknya dalam hal pembelajaran.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Kesehatan, This journal is intended as a medium for communication among stake holders on health research such as researchers, educators, students, practitioners of Health Office, Department of Health, Public Health Service center, as well as the general public who have an interest in ...