Tenaga kesehatan yang berkualitas adalah tenaga kesehatan yang mempunyai kemampuan soft skills dan hard skills yang seimbang, dimana kemampuan hard skills dapat dilihat dari prestasi belajar. Untuk mencapai prestasi yang baik, bukan saja tugas dari individu dalam hal motivasi belajar,melainkan juga tugas orang tua dalam memberikan partisipasi pada pendidikan anak, selain itu pada individu di butuhkan keadaan psikologis yang baik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara partisipasi orang tua dengan prestasi belajar, hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, hubungan antara kejadian stres dengan prestasi belajar, dan hubungan partisipasi orang tua, motivasi belajar, dan kejadian stres secara bersama-sama.Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan crossectional, tehnik samplingnya menggunakan total populasi yaitu semua mahasiswa tingkat 1 STIK.es Muhammadiyah Pringsewu Program Studi D III Keperawatan Tahun 2011, sebanyak 84 orang. Data diumpulkan menggunakan kuesioner, Uji hipotesis bivariat menggunakan Chi square dengan derajat kepercayaan 95 %, sedangkan uji multivariate menggunakan uji logistic ganda.Hasil penelitian data menunjukkan adanya hubungan antara partisipasi orang tua dengan prestasi belajar, Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, ada hubungan antara kejadian stres dengan prestasi belajar, Dan setelah uji statistic bersama- sama maka variable yang dominan adalah kejadian stress karena didapatkan basil untuk variable partisipasi orang tua p value 1,67, OR 5,217, variable motivasi belajar p value 0,41, OR 11,686, dan variable kejadian stres p value 0,00 dan OR 15.021.Saran pada penelitian ini yaitu hendaknya orang tua dapat selalu meningkatkan partisipasinya pada proses belajar anaknya, dan untuk mahasiswa untuk selalu meningkatkan motivasi belajarnya serta selalu berusaha beradaptasi dengan suasana baru, sehingga beban psikologis berkurang dan mahasiswa dapat konsentrasi dalam belajar,
Copyrights © 2012