RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management
Vol 4, No 2 (2021)

Analisa Usability Aplikasi e-LMA Sebagai e-Learning Menggunakan Metode USE Questionnaire

Noordin Asnawi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

e-LMA (elearning UNIPMA) merupakan aplikasi yang dikembangkan UNIPMA dengan tujuan untuk digunakan sebagai sistem pembelajaran daring atau bisa disebut sebagai e-learning. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan layanan LMS (Learning Management Systems) yang berbasis aplikasi Moodle. Di UNIPMA aplikasi ini masih baru digunakan, maka dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran usability (kebergunaan) untuk mengetahui tingkat kebergunaan dari aplikasi ini. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan tool USE Questionnaire dengan menyebar angket kepada responden. Dari tool tersebut dapat dijadikan pertanyaan-pertanyaan dalam kuisioner sebanyak 30 pertanyaan yang terbagi dalam 4 faktor sesuai dengan faktor-faktor pada USE questionnaire yaitu usefulness, satisfaction, ease of use, dan ease of learning. Responden yang digunakan adalah dosen yang telah menggunakan aplikasi e-LMA di lingkup Universitas PGRI Madiun. Hasil angket dilakukan pengukuran dengan menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini menggunakan 4 skala untuk menegaskan pilihan penilaian, supaya tidak ada pilihan jawaban yang berada ditengah-tengah (netral/sedang/cukup/ragu-ragu). Dari hasil pengukuran dapat disimpulkan bahwa aplikasi e-LMA yang digunakan sebagai ­e-learning di Universitas PGRI Madiun memiliki nilai usability yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RESEARCH

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

RESEARCH is a scientific journal that publishes articles in the field of Computer, Information systems & Technology Management. Various topics can be published in this journal is about : 1. Technology Information & Information System. 2. Computing, Internet of Think & Networking. 3. Multimedia ...