Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2021): Mei 2021

Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 5 Kupang Pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan GeoGebra

Theresia M Klau (Unknown)
Damianus D Samo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2021

Abstract

Topik fungsi kuadrat dimulai dari menggambar grafik, menganalisis bentuk grafik serta penentuan sumbu simetri dan nilai optimum. Ketiga materi ini dalam praktiknya memiliki masalah terkait pemahaman dan motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan menerapkan pendekatan saintifik dengan GeoGebra untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa pada kelas IX C SMPN 5 Kupang. Instrumen penelitian yang digunakan yakni soal tes hasil belajar tiap siklus, dan lembar observasi motivasi siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika secara individu siswa telah mencapai nilai KKM 70 dan secara klasikal 75% siswa mencapai nilai KKM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, 73,73% siswa memiliki motivasi yang baik dalam mengikuti pembelajaran dan meningkat menjadi 80,93% pada siklus II. Lebih lanjut, hasil belajar pada siklus I dikategorikan memenuhi indikator ketuntasan karena lebih dari 70% siswa tuntas secara klasikal. Presentasi ini meningkat menjadi 78,125% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukan penerapan pendekatan saintifik dengan media GeoGebra memberi dampak yang postif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan GeoGebra dapat diterapkan dalam pembelajaran fungsi kuadrat

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fraktal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal ilmiah dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup ...