PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Model Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Pariwisata melalui Kampanye Wonderful Indonesia

Neng Ira Muniroh (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi Jl. Wijaya II No.62 Jakarta Selatan 12160 - Indonesia)
Poppy Ruliana (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi Jl. Wijaya II No.62 Jakarta Selatan 12160 - Indonesia)
Guntur Freddy Prisanto (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi Jl. Wijaya II No.62 Jakarta Selatan 12160 - Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Pariwisata menjadi andalan utama sumber devisa negara karena Indonesia memiliki aneka ragam jenis pariwisata, misalnya wisata alam, sosial maupun wisata budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Selain menyimpan berjuta pesona wisata alam, Indonesia juga kaya wisata budaya dengan banyaknya peninggalan sejarah serta keanekaragaman seni dan budaya masyarakat lokal yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan banyaknya potensi wisata yang dimiliki menjadikan Indonesia sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye public relations dalam meningkatkan citra pariwisata kota tua Jakarta yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melalui model perencanaan strategi public relations dari Cutlip, Center Broom yaitu Mengidentifikasikan Masalah, Perencanaan dan Pemograman, Mengambil Tindakan dan Komunikasi kemudian melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tinjauan pustaka dan penelusuran internet secara online untuk memperoleh informasi yang lebih relevan. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan, strategi kampanye Humas Kemenpar berhasil dalam meningkatkan citra pariwisata Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

parahita

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

PARAHITA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal yang berisikan publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat dan atau hasil-hasil penelitian di bidang Ilmu Komunikasi secara luas. Jurnal Pengabdian PARAHITA diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Juni dan Desember tahun ...