Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi bisnis di era new normal. Dengan mengacu pada pengukuran kinerja masa lalu, maka hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan produktivitas bisnis diperiode mendatang. Melalui pendekatan metode Balance scorecard (BSC) dengan menggunakan empat indikator utama yaitu persfektif keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pertumbuhan serta pembelajaran. Sasaran utama objek penelitian ini adalah sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya di Kota Makassar dan yang menjadi sampelnya yaitu CV Idlan Waranie Perkasa (IWP). Perusahaan ini bergerak dibidang produksi aneka produk kecantikan yang terbuat dari bahan alami. Dengan label ‘halal’ dan berstandar BPOM perusahaan ini terus memperlihatkan volume penjualan yang terus meningkat. Namun, pandemi covid 19 yang menghantam perekonomian diawal tahun 2020 juga dirasakan oleh CV.IWP. Dampaknya terjadi penurunan omzet hingga perusahaan terpaksa harus mengurangi kapasitas produksi dan komponen lainnya. Untuk itu, diperlukan strategi bisnis yang baru mencapai tujuan perusahaan dan tetap mampu bertahan dipasar. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriftif dengan mengurai pandangan pelanggan dan pemilik bisnis tentang target yang ingin dicapai. Hasil penelitian ditemukan bahwa proses bisnis yang digunakan CV IWP harus diperbarui dengan memperhatikan kebutuhan konsumen dimasa pandemic dan aktivitas bauran pemasaran yang mengikuti perubahan pasar.
Copyrights © 2021