SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 4, No 2 (2021): July - December

Merancang Strategi Bisnis di Era New Normal dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard pada CV Idlan Warinie Perkasa

Hasdiana S (Universitas Muslim Maros)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi bisnis di era new normal. Dengan mengacu pada pengukuran kinerja masa lalu, maka hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan produktivitas bisnis diperiode mendatang. Melalui pendekatan metode Balance scorecard (BSC) dengan menggunakan empat indikator utama yaitu persfektif keuangan, pelanggan, bisnis internal dan pertumbuhan serta pembelajaran. Sasaran utama objek penelitian ini adalah sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya di Kota Makassar dan yang menjadi sampelnya yaitu CV Idlan Waranie Perkasa (IWP). Perusahaan ini bergerak dibidang produksi aneka produk kecantikan yang terbuat dari bahan alami. Dengan label ‘halal’ dan berstandar BPOM perusahaan ini terus memperlihatkan volume penjualan yang terus meningkat. Namun, pandemi covid 19 yang menghantam perekonomian diawal tahun 2020 juga dirasakan oleh CV.IWP. Dampaknya terjadi penurunan omzet hingga perusahaan terpaksa harus mengurangi kapasitas produksi dan komponen lainnya. Untuk itu, diperlukan strategi bisnis yang baru mencapai tujuan perusahaan dan tetap mampu bertahan dipasar. Dalam penelitian ini, menggunakan metode deskriftif dengan mengurai pandangan pelanggan dan pemilik bisnis tentang target yang ingin dicapai. Hasil penelitian ditemukan bahwa proses bisnis yang digunakan CV IWP harus diperbarui dengan memperhatikan kebutuhan konsumen dimasa pandemic dan aktivitas bauran pemasaran yang mengikuti perubahan pasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...