Rasionalitas ekonomi memiliki posisi yang amat penting dalam perilaku ekonomi termasuk menentukan strategi dalam menghadapi masa krisis. Financial literacy atau literasi keuangan juga merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan seseorang karena literasi keuangan merupakan alat yang berguna untuk membuat keputusan keuangan yang terinformasi. Intensitas internalisasi nilai kewirausahaan mencerminkan gigih atau tidaknya pelaku UMKM dalam menerapkan nilai-nilai kewirausahaan dalam keseharian dan dalam menjalankan bisnis UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan mengidentifikasi tingkat rasionalitas ekonomi dan financial literacy terhadap intensitas internalisasi nilai kewirausahaan yang diterapkan di kehidupan sehari-hari serta bagaimana dampaknya pada kinerja UMKM di Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian ini adalah rasionalitas ekonomi berpengaruh terhadap Intensitas. Internalisasi Nilai Kewirausahaan. Financial literacy berpengaruh terhadap Intensitas. Internalisasi Nilai Kewirausahaan. Intensitas Internalisasi Nilai Kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja. Rasionalitas ekonomi berpengaruh terhadap kinerja UMKM dan financial literacy berpengaruh terhadap kinerja UMKM Kata Kunci: Rasionalitas ekonomi, Intensitas internalisasi, Kinerja UMKM dan Kewirausahaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021