Anak usia sekolah rentan mengalami masalah kesehatan gigi dikarenakan perilaku menggosok gigi kurang tepat. Perilaku gosok gigi yang kurang tepat bisa mnyebabkan masalah gigi diantaranya adalah karies. Perilaku gosok gigi dapat diperbaiki dengan pemberian pendidikan kesehatan dimana media yang dipakai dalam pendidikan kesehatan kepada anak menggunakan media atau metode yang menarik, salah satunya dengan metode bernyanyi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode bernyanyi terhadap perilaku menggosok gigi siswa kelas V dan VI SDN Sumogawe 03 Kabupaten Semarang. Desain penelitian quasi eksperimen, rancangan pre and post-test without contro ldengan Subjek penelitian adalah 25 orang dengan teknik simple random sampling. Instrument penelitian yaitu lembar observasi, lagu sikat gigi bulat-bulat. Uji statistic menggunakan Wilcoxon. Nilai median pre test metode bernyanyi 50.00±18 (25-92), nilai post test 92.00±19 (50-100) dan nilai p-value 0,000. Terdapat perbedan Pendidikan kesehatan metode bernyanyi terhadap perilaku menggosok gigi siswa kelas V dan VI SDN Sumogawe 03 Kabupaten Semarang.
Copyrights © 2021