Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INDIVIDUAL DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT LEWAT RESEP PADA APOTIK RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT JEMBER KLINIK

dwi cahyono (Unknown)
Kusumaningrum Kusumaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor individu dan bauran pemasaran terhadap  Keputusan Pembelian pada  Rawat Jalan Farmasi di Rumah Sakit Klinik Jember.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan swasta yang berobat ke spesialis dalam Poli Terpadu di Rumah Sakit Jember Klinik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kombinasi metode accidental sampling dan purposive sampling. Jumlah sampel ditetapkan 150 responden.  Untuk analisis data, digunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan paket software statistik AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien jalur untuk pengaruh faktor individu (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai positif dari 1.058 dengan CR dari 2.980 dan probabilitas (p) dari 0003, yang berarti bahwa faktor individu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien jalur untuk pengaruh bauran pemasaran (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai positif dari 0857 dengan CR dari 2803 dan probabilitas (p) dari 0005, yang berarti bahwa bauran pemasaran secara signifikan mempengaruhi ke keputusan pembelian. Dan, koefisien jalur untuk pengaruh bauran pemasaran (X2) dengan faktor individu (X1) memiliki nilai positif dari 0650 dengan CR dari 3.906 dan probabilitas (p) dari 0002, yang berarti bahwa marketing mix efek signifikan untuk faktor individu.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

SMBI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas ...