Journal Civics and Social Studies
Vol 5, No 2 (2021): Volume 5 No 2 Tahun 2021

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUATAN METODE SNOWBALL THROWING

Tetep Dr. (Prodi Pendidikan IPS Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial Bahasa dan Sastra Institut Pendidikan Indonesia Garut)
Agisna Putri Nurahmi (Prodi Pendidikan IPS Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial Bahasa dan Sastra Institut Pendidikan Indonesia Garut)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Hasil belajar pada dasarnya dipengaruhi banyak factor, salah satunya factor metode pembelajaran. Rendahnya kreativitas guru dalam menyajikan materi pembelajaran dengan variasi metode berimplikasi pada rendahnya kualitas hasil belajar IPS yang berdampak pada rendahnya ketertarikan siswa dalam belajar. Melalui kajian eksperimen pada pembelajaran IPS dengan memanfaatkan Metode Snowball Throwing, peneliti mencoba mengkaji bagaimana hasil belajar IPS dengan menggunakan metode tersebut, apakah metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS menjadi lebih baik?.  Studi eksperimen  yang dilakukan terhadap siswa SMPN 1 Samarang pada kelas VIII menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPS masih rendah yang disebabkan guru cenderung kurang mempersiapkan model pembelajaran yang menarik, tidak mengetahui apa yang seharusnya dilakukan oleh seorancg guru ketika peserta didik tidak merasa antusias dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPS, pada saat Hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPS peserta didik menjadi lebih baik atau bisa dikatakan meningkat dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya. Metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan  terhadap hasil belajar IPS. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journalcss

Publisher

Subject

Description

Jurnal Civicos (Civics and Social Studies) memiliki Scope dan Fokusnya antara lain pada bidang : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Pendidikan Politik, Hukum dan Kenegaraan 4. Pendidikan IPS – Social Studies 5. Social Science 6. Humaniora 7. Ilmu Sosial ...