JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK)
Vol 5, No 2 (2021)

Penggunaan Instagram Stories sebagai Media Promosi Kesehatan Mata

Hanna Nurul Husna (STIKes Bakti Tunas Husada)
Itmam Milataka (STIKes Bakti Tunas Husada)
Nurul Zakiatul Jannah Fitriani (STIKes Bakti Tunas Husada)
Andika Khalifah Ardi (STIKes Bakti Tunas Husada)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Instagram merupakan salah satu dari media sosial yang sering digunakan di Indonesia. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kesehatan mata dengan memanfaatkan media Instagram Stories. Subjek sasaran kegiatan adalah pengikut akun Instagram @optometry.bth. Materi yang akan disampaikan adalah fakta unik tentang mata, keluhan penglihatan, kelainan refraksi, dan penyakit mata. Materi disajikan dalam bentuk gambar, animasi, dan video. Penyampaian materi pun dilakukan secara langsung ataupun diselingi dengan interaksi seperti pengajuan respon dalam bentuk pertanyaan, cari gambar, dan tebak lagu. Dari hasil kegiatan, diketahui bahwa jumlah dan rata-rata view dan discovery paling besar diperoleh di hari pertama dengan menggunakan media video. Sedangkan yang paling rendah diperoleh di hari ketujuh dengan media gambar. Kesimpulan dari kegiatan ini yakni Instagram Stories dapat digunakan sebagai media promosi kesehatan mata. Pengikut dari akun @optometry.bth merasakan kebermanfaatan informasi yang disampaikan melalui media ini. Meskipun demikian, banyaknya view dan discovery dari setiap unggahan stories sangat ditentukan oleh jumlah pengikut, konten yang menarik, serta waktu unggah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpp-iptek

Publisher

Subject

Other

Description

JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), diterbitkan secara daring (online), setahun 2 (dua) kali pada bulan Mei dan November oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Jurnal ini memuat publikasi hasil pengabdian, pemberdayaan, serta ...