Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan
2020: Memberdayakan Riset dan Inovasi untuk Teknologi yang Berkelanjutan

Analisis Pengaruh Purchase Intention dan Keputusan Pembelian Produk Laptop Recovery dengan Metode Structural Equation Modeling

Inas Dwi Krisnawati (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Evi Yuliawati (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2020

Abstract

Beberapa dekade terakhir konsumsi konsumen terhadap produk elektronik konsumsi cenderung terus meningkat, khususnya dalam penggunaan produk elektronik konsumsi. Produk elektronik konsumsi seperti laptop, kulkas, TV, HP, dan sebagainya. Berdampak pada meningkatnya limbah elektronik (e-waste) di seluruh dunia, tidak saja hanya di negara berkembang. Sampah elektronik ini muncul karena telah habisnya masa penggunaan produk atau berakhirnya siklus hidup produk. Suatu tempat jual beli produk elektronik bekas yang dapat menampung limbah elektronik, salah satunya yaitu produk laptop. Dengan berbagai merek dapat dikelola atau diperbaiki kembali menjadi produk laptop recovery memiliki nilai jual kembali. Tujuan dalam penelitian ini adalah menentukan pengaruh ekuitas merek, persepsi harga, kesadaran lingkungan terhadap keputusan pembelian laptop recovery melalui purchase intention. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan melibatkan 111 responden yang diperoleh dari metode purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa ekuitas merek dan persepsi harga berpengaruh negatif dan kesadaran lingkungan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada produk laptop recovery melalui purchase intention. Variabel kesadaran lingkungan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk laptop recovery melalui purchase intention.

Copyrights © 2020