Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pemanfaatan smartphone dalam menerapkan marketing 4.0 berdasarkan teori difusi inovasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan mengadopsi marketing 4.0 Usaha Mikro Kecil Menengah Rumah Bordir Minang memasarkan produk-produk sulaman dengan inovasi baru seperti menambah jenis produk sulaman, memasarkannya dengan cara online dan offline seperti bergabung dengan forum jual beli di market place, inovasi lain seperti live facebook, live instagram dan tik tok serta dengan offline seperti membuat pamflet, dikarenakan pandemi jadi untuk pameran dan bazar belum bisa dilaksanakan. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggabungkan metode wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi terhadap UMKM Rumah Bordir Minang yang berada di Kota Bukittinggi. Dengan adanya smartphone UMKM Rumah Bordir Minang merasakan manfaat yang sangat besar dibanding dengan cara konvensional, karena dapat mengurangi jumlah biaya dan waktu yang dikeluarkan dalam proses penjualan produk sulaman serta memperluas pangsa pasar dan meningkatkan omset penjualan.
Copyrights © 2021