Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2021): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2021 - November 2021

PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA

Margareta Gena (SMAK Giovanni Kupang)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dimensi tiga pada siswa kelas XII yang diajar dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas XII SMAK Giovanni. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar pengamatan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa dari 75 pada siklus 1 menjadi 87,5 pada siklus 2. Peningkatan ini juga terjadi pada aktivitas siswa dengan capaian indikator 62,5% pada siklus 1 menjadi 85,42% pada silus 2. Skor kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran juga meningkat dari 2,95 (cukup) pada siklus 1 menjadi 3,75 (baik) pada siklus 2. Ketuntasan klasilkal juga meningkat dari 73,33% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2. Dengan menggunakan alat peraga, siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...