Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (JOAIIA)
Vol 2, No 4 (2021): November

Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Pada Umkm Berbasis Web Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk (Studi Kasus : Umkm Hoki Donut’s)

Widyagustina Ismayanti (UNIVERSITAS PAMULANG)
Sewaka Sewaka (UNIVERSITAS PAMULANG)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2021

Abstract

E-Commerce adalah proses transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet dimana website digunakan sebagai wadah melakukan proses tersebut. UMKM merupakan salah satu komponen pelaku usaha yang mempunyai sumbangan cukup besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan. UMKM Hoki Donut’s merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang produksi aneka macam kue yang dibuat langsung oleh pemiliknya yaitu Ibu Nurasiyah Jamil. Terbatasnya jaringan pemasaran seperti media maupun fasilitas pemasaran menyebabkan sulitnya untuk memasarkan produk-produknya, sehingga pelanggannya juga terbatas hanya area kota Jakarta dan sekitar rumah produksinya saja. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun dan mengembangkan website bagi UMKM Hoki Donut’s yang dapat digunakan sebagai media informasi atau media pemasaran hasil produk-produknya agar dapat diketahui oleh khalayak luas guna menghadapi persaingan pemasaran di dunia teknologi. Oleh karena itu, dilakukan perancangan sistem pemasaran secara online melalui website yang menggunakan metode Waterfall dan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan studi pustaka serta menggunakan UML (Unified Modelling Language) sebagai perancangan perangkat lunaknya. Aplikasi ini akan mempermudah kinerja admin dan pembeli untuk melakukan transaksi penjulaan dan pembelian produk UMKM Hoki Donut’s. Kata Kunci: E-Commerce, UMKM Hoki Donut’s, waterfall, PHP, Unified Modelling Language.

Copyrights © 2021