Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP)
Vol. 2 (2019): Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) Ke 2 Tahun 2019

Penggunaan Teknik Permainan Dalam Program Bimbingan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar

Aniek Wirastania (Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Permainan adalah suatu bentuk kegiatan bermain dan menjadi suatu bentuk hiburan yang memberikan kenikmatan bagi para pelakunya. Sebuah kegiatan permainan dilakukan secara sengaja untuk dapat menciptakan perubahan perilaku yang ingin dicapai dengan cara melakukan kegiatan dalam permainan dengan sungguh-sungguh. Program Bimbingan Karakter adalah program yang meliputi suatu proses pemberian bantuan konselor kepada individu (konseli) yang dilakukan secara berkesinambungan agar mampu memahami potensi diri dan lingkungannya, menerima diri, mengembangkan dirinya secara optimal, dan menyesuaikan diri secara positif dan konstruktif terhadap tuntutan norma kehidupan (agama dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan teknik permainan dalam program bimbingan karakter dalam mengembangkan kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan teknik permainan dalam program bimbingan karakter dapat memberikan pengaruh yang signifikan dalam mengembangkan kemampuan siswa sekolah dasar. Kata kunci : permainan, program bimbingan, karakter

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snhrp

Publisher

Subject

Other

Description

Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) merupakan salah satu ajang mempertemukan para peneliti disemua bidang pada tingkat nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini agar peneliti akan mampu mengembangkan jaringan sosial, bertukar pengetahuan dan membangun jaringan yang kuat antara komunitas ...