Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap penggunaan e-modul kalkulus berbasis geoebra dalam proses pembelajaran. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar angket respon dan angket kemandirian belajar. Lembara angket respon digunakan untuk mengambil data respon mahasiswa terhadap kualitas, isi, dan materi yang ada di dalam e-modul. Lembar angket kemandirian belajar digunakan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar mahasiswa sebelum dan sesudah adanya e-modul. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa, respon mahasiswa pada uji coba kelompok terbatas adalah sangat positif dengan presentasenya 90%. Pada uji coba kelas kecil dan kelas besar rata-rata juga memberikan respon yang sangat positif. Sedangkan, pada hasil analisis kemandirian belajar mahasiswa setelah adanya e-modul juga mengalami peningkatan yang baik dibandingkan sebelum adanya e-modul. Dari hasil-hasil tersebut, diharapkan e-modul dapat terus dikembangkan sebagai salah satu alternatif alat bantu dalam menciptakan pembelajaran yang dinamis, inovatif, partisipatif, dan menyenangkan. Kata kunci : e-modul, kalkulus, geogebra, respon, kemandirian belajar
Copyrights © 2019