Pandemi covid 19 yang telah melanda Indonesia selama 2 (dua) tahun terakhir menyebabkan banyak usaha mengalami kebangkrutan, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa survival competitive behaviour UMKM. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi literatur terhadap 12 penelitian dalam rentang waktu 2020-2021 dengan subjek UMKM yang berbeda. Peneliti mengkaji berbagai hasil studi empiris khususnya jurnal imiah yang berkaitan dengan strategi UMKM. Peneliti kemudian membandingkan hasil penelitian dari berbagai jurnal tersebeut dan mengambil intisari dari hasil penelitain tersebut. Berdasarkan hasil studi literatur, terdapat empat strategi bertahan untuk UMKM yaitu, 1) melakukan pemasaran dengan digital marketing, 2) memperkuat SDM, 3) melakuan inovasi kreatif dan 4) peningkatan pelayanan kepada konsumen. Dengan strategi-staregi tersebut diharapakan UMKM di Indonesia dapat bertahan dan selamat dari kondisi krisis akibat pandemik COVID-19.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022