Perubahan dalam bidang teknologi komunikasi, yang disebut sebagai revolusi komunikasi termasuk di dalamnya adalah hypermedia, yaitu medium baru (new mediaum) yang mengkombinasikan publishing, televisi, audio dan computer, Personal Computer (PC) yang semakin mudah dan murah untuk diperoleh memungkinkan kekuatan dan kegunaan computer dimanfaatkan oleh setiap rumah tangga. Revolusi digital yang membawa perubahan dalam teknologi internet berdampak besar pada perdagangan global, terutama dalam hal pemberian layanan (service). Pemahaman mengenai ekonomi baru terkadang lebih diartikan sebaai ekonomi informasi karena pengaruh informasi yang sangat besar dalam menciptakan kemakmuran. Bahkan jauh lebih besar dari sumber daya material atau capital.Sebagai entitas bisnis, detikcom tidak berambisi meraih keuntungan sebesar-besarnya. Kenyataannya, pendapatan dari iklan mampu mencukupi biaya operarional dan produksi bahkan berlebih , sehingga memungkinkan detikcom berkembang. Karena itu pengakses/pembaca detikcom tidak perlu membayar informasi yang diperolehnya dari detikcom. Keberanian dan kreatifitas bersenergi sedemikian rupa sehingga menjadi modal awal dan modal terpenting yang memungkinkan detikcom menjadi trendsetter bisnis media on linememunculkan keunggulannya dan karenanya akan memperoleh tingkat kepercayaan yang semakin tinggi dari public.Bisnis berbasis teknologi informasi akan semakin berkembang sejalan dengan semakin majunya perangkat lunak dan system aplikasi computer. Dari sisi produk, derivative product sangat mudah dikembangkan dan time to marketrelatif cepat. Contohnya, konvergensi teknologi internet dan mobile phone mampu mendukung transaksi bisnis seperti e-banking dan entertainment. Revolusi digital ini juga diyakini akan mengubah perilaku orang Indonesia, bukan hanya dalam hal memperoleh informasi tetapi juga dalam berbisnis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2006