At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam
Jurnal At-Tawassuth | Vol. VI | No. 2 | 2021

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Online Shop di Kota Medan

Nurul Hasanah Syah (UIN sumatera Utara)
Isnaini Harahap (UIN Sumatera Utara)
Sri Sudiarti (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung dan tidak langsung variabel periklanan, kualitas produk, harga dan tingkat kepercayaan terhadap keputusan pembelian melalui online shop di kota Medan. Metode dalam penelitian ini digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur dengan model regresi linier berganda didukung dengan uji model dan uji statistik dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 17. Temuan hasil penelitian menunjukkan pada model struktural 1 secara serempak bahwa sekitar 72,1% variabel periklanan, kualitas produk, tingkat kepercayaan dan harga mempengaruhi keputusan pembelian melalui online shop di kota Medan, sedangkan 27,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Pada model struktural 2 secara serempak bahwa sekitar 56,6% variabel periklanan, kualitas produk dan harga mempengaruhi tingkat kepercayaan sedangkan 43,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Hasil uji signifikansi pengaruh tidak langsung menunjukkan adanya pengaruh tidak langsung dari variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian online melalui tingkat kepercayaan secara signifikan.  

Copyrights © 2021