At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam
Jurnal At-Tawassuth | Vol. VI | No. 2 | 2021

Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Sumber Daya Masyarakat (SDM) Karyawan di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Padang Sidimpuan

Johar Arifin Tanjung (Universitas Islam Negri Sumatra Utara)
Azhari Akmal Tarigan (UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

- Sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor penting dalam suatu organisasi. Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kualitas dan juga kuantitasĀ  SDM yang berdampak pada pencapaian kinerja. Salah satu masalah yang dihadapi PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Padangsidimpuan selama penulis melaksanakan kegiatan kerja praktek adalah kurangnya kuantitas/jumlah karyawan yang ada. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris mengenai peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) karyawan sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi di PT. Bank Sumut KCSy Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang dimana prosedur pemecahan masalah yang diteliti menggambarkan keadaan subjek ataupun objek berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa dalam mengatasi permasalahan kuantitas dan kualitas SDM karyawan di PT. Bank Sumut KCSy Padangsidimpuan, perusahaan perlu meningkatkan SDM dengan cara yaitu ; recruitment, seleksi, perencanaan sumber daya manusia, dan penilaian sumber daya manusia.

Copyrights © 2021