Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil matakognisi siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan matematika dan gender. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa, dan data penelitian yang dikumpulkan berupa hasil tes kemampuan matematika, hasil tes soal cerita, dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan dan siswa laki-laki berkemampuan matematika tinggi mampu melakukan kegiatan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi dengan lengkap. Siswa perempuan dan siswa laki-laki berkemampuan sedang melakukan kegiatan perencanaan dan pemantauan tetapi kurang lengkap namun lengkap dalam kegiatan evaluasi. Siswa perempuan berkemampuan matematika rendah melakukan kegiatan perencanaan, pemantauan dan evaluasi namun kurang lengkap. Siswa laki-laki berkemampuan matematika rendah melakukan kegiatan perencanaan dengan lengkap namun tidak melakukan kegiatan pemantauan dan evaluasi dengan lengkap.
Copyrights © 2019