Teknologi informasi dan telekomunikasi telah mengalami perubahan yang cepat dan perkembangan luar biasa akibat dari pandemic Covid-19. Pembelajaran yang dilaksanakan selama pandemik semuanya serba online sehingga mengharuskan semua dosen untuk memanfaatkan teknologi dalam proses perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas LMS berbasis Moodle sebagai sarana diskusi untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji one sample t-test. Uji normalitas data dilakukan sebelum uji one sample t-test sebagai prasyarat. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 angkatan 2018 sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas mahasiswa selama menggunakan LMS (Learning Management System) dalam proses pembelajaran matakuliah pengembangan bahan ajar mengalami peningkatan dari setiap pertemuan, yaitu dari pertemuan ke 1 sampai dengan pertemuan ke 6 secara klasikal. Selain itu, rerata skor kemampuan argumentasi matematika mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan LMS (Learning Management System) berbasis Moodle lebih besar dari 77 terpenuhi atau berlaku sehingga dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data brdistribusi normal dengan signifikansi Shapiro-Wilk (SW) sebesar 0,060 0,05. Sedangkan berdasarkan uji One Sample t-test menunjukkan bahwa LMS berbasis moodle sangat berdampak secara signifikan terhadap kemampuan argumentasi matematika mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,005 0,05 yang artinya LMS efektif digunakan dalam proses pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021