Komunikasi menjadi salah satu aspek terpenting di dalam mengukur sebuah keberhasilan tujuan pendidikan itu sendiri. Untuk menciptakan karakter yang baik dan jiwa yang kokoh pada siswa di lingkungan pendidikan dalam hal ini sekolah, diperlukan terciptanya suasana lingkungan pendidikan yang harmonis dan dinamis. Hal tersebut dapat tercipta jika terbangun koordinasi dan komunikasi dua arah yang kuat antara guru dan siswa. Pembentukan karakter siswa tersebut akan tercapai apabila adanya komunikasi yang baik, efektif dan bermutu. Pola komunikasi guru dan siswa berbasis pendidikan karakter dengan penerapan mutu bahasa metode sentra. Penelitian ini  bertujuan untuk mengkaji pola komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa dalam pembangunan karakter siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu: observasi melalui pendekatan partisipatif, wawancara dan dokumen. Penelitian ini melibatkan empat orang koresponden sebagai informan. Mereka adalah ketua Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Harapan Bunda Purwokerto, Wali Kelas 1 Dewi Sartika A dan B, dan wali murid. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran sentra dengan penerapan mutu berbahasa lima kontinum, yaitu: Visually Looking On (VLO), Non Directive Statement (NDS), Question (Q), Directive Statement (DS) dan Physical Intervention.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020