Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sentra bermain peran pada anak kelompok B di TK IT Al-Hasna Klaten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sentra bermain peran dan kepala sekolah di TK IT AL-Hasna Klaten. Tahapan analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa pelaksanaan sentra bermain peran sudah baik, guru sudah melakukan perencanaan sebelum sentra beramain peran dibuka. Guru dalam sentra bermain peran melakukan 4 pijakan yaitu, pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru adalah kurangnya pengetahuan guru sehingga guru kesulitan saat membuat kegiatan dan kurangnya sarana prasarana yang berkaitan dengan bermain peran. Upaya untuk mengatasi kendala adalah dengan memberikan pelatihan dan workshop terhadap guru sentra main peran untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh guru.
Copyrights © 2020