Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pada anak hiperaktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi. Hasil penelitian kemampuan menulis responden A, anak sudah memasuki tahapan awal kemampuan menulis dimana anak sudah mampu membuat tanda-tanda atau goresan menggunakan alat tulis. Tahap pengulangan secara linier dimana anak sudah mampu menirukan atau menjiplak huruf, angka maupun bentuk. Kemampuan menulis responden B, tahap mencoret, anak sudah mampu membuat tanda-tanda dengan menggunakan alat tulisnya seperti membuat coretan-coretan seperti garis lurus, lingkaran, huruf dan angka. Tahap pengulangan secara linier, tahap ini anak sudah dapat menelusuri atau menjiplak bentuk tulisan. Guru sebagai responden 1 dan 2 mengenai cara guru melatih kemampuan menulis anak hiperaktif. Guru melatih kemampuan menulis anak dengan cara memberikan garis putus-purus dan memberikan cotoh cara menuliskan huruf dan angka, guru selalu menemani dan memberikan motivasi agar anak mau melakukan kegiatan menulis.
Copyrights © 2021