Merger telah menjadi topik yang banyak diperbincangkan. Berita mengenai penggabungan atau merger adalah hal penting dalam industri keuangan. Bergabungnya 3 (tiga) Bank Syariah semakin membuat masyarakat memperhitungkan keberadaan Bank Syariah di Indonesia. Hal tersebut dapat membuat terjadinya switching behavior khususnya bagi nasabah diluar pengguna Bank Syariah Indonesia (kemudian disebut BSI). Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh merger Bank Syariah Indonesia terhadap Switching Behavior nasabah diluar pengguna BSI yang ada disekitar Kabupaten Bogor. Penelitian kuantitatif adalah metode yang diterapkan dalam penelitian ini. Responden sebagai populasi penelitian yaitu nasabah diluar pengguna BSI (sebelumnya BRI, BNIS dan BSM) baik itu pengguna bank konvensional maupun bank syariah. Pengambilan sampel yaitu dengan teknik Non Probability Sampling. Data dikumpulkan dengan penggunaan kuesioner di google form. Analisis data penelitian ini untuk menguji pengaruh antara variabel X dengan variabel Y serta mengetahui korelasi antar keduanya dengan menggunakan teknik Analisis Regresi Sederhana dan Uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh merger berpengaruh secara signifikan terhadap switching behavior nasabah diluar pengguna BSI memiliki peluang yang baik untuk berpindah dimasa sekarang ataupun diwaktu mendatang. Dalam penelitian ini disarankan bahwa penting bagi manajemen untuk memperhatikan perilaku berpindah nasabah Karena hal ini akan berpengaruh terhadap target jumlah peningkatan nasabah yang ingin dicapai oleh bank.
Copyrights © 2021