Media Informatika
Vol 20 No 3 (2021)

Perancangan Sistem Rekomendasi Influencer Menggunakan Knowledge-based Filtering

Rizki Ridho Novandra (STMIK LIKMI)
Hery Heryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Media sosial merupakan pangsa pasar yang sangat besar bagi pelaku usaha karena memiliki jumlah pengguna yang tinggi. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produk atau jasa mereka dengan bantuan influencer. Pemilihan influencer yang tepat dapat meningkatkan jumlah transaksi, namun pemilik usaha juga dapat mengalami kerugian apabila bekerja sama dengan influencer bercitra negatif. Salah satu cara menemukan influencer yang tepat adalah dengan menggunakan sistem rekomendasi berbasis knowledge-based filtering. Sistem ini dapat menerima masukan dari pengguna sesuai kebutuhan usaha masing-masing dan mengeluarkan rekomendasi influencer. Sistem rekomendasi memanfaatkan dua atribut, yaitu engagement rate dan growth rate. Engagement rate digunakan sebagai indikator keaktifan komunikasi antara influencer dengan follower. Growth rate digunakan sebagai indikator popularitas influencer.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

media-informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Media Informatika is a scientific journal published by Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STMIK LIKMI. Media Informatika aims to publish research results or equivalent to the results of research, thoughts and views, popular knowledge in the fields of informatics, information ...