Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis

PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE

Vera Desy Nurmalia (Unknown)
Lilis Endang Wija (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2018

Abstract

Nowadays Online buying behavior is growing rapidly. Based on ICD, online market in Indonesia increases 42% during 2012-2015. This study analyze factors that influence consumers to buy through online mode of transaction. The researcher is interested in testing the impact of perception of the Ease and utility of online transaction system on consumer buying intention. Furthermore, it is predicted that the higher consumers’ perception on ease and utility oof online buying mechanism, the higher the probability that consumers will buy through online transaction system. The sample size is 223 respondents. We apply PSAW statisctic software. The results imply that consumers’ perception on the benefit of online transaction system influences their buying intention. While, the consumers’ perception on the ease of online system transaction does not influence their buying intention.Keyword: Online Buying Intention, Perceived Ease of Use, Motivation dan Risk Perception. ABSTRAKPembelian online berkembang pesat saat ini. Berdasarkan data ICD, pasar online di Indonesia tumbuh 42% selama 2012-2015. Pertumbuhan yang cepat ini tentu sangat menarik untuk dipelajari. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli secara online. Faktor yang diteliti adalah persepsi konsumen tentang manfaat pembelian online, motivasi konsumen untuk membeli online dan kesadaran akan risiko pembelian online. Penelitian dilakukan pada siswa di Yogyakarta. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 223 orang. Data diperoleh dengan menggunakan statistik PSAW. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan motivasi mempengaruhi minat beli online sementara kesadaran risiko tidak mempengaruhi minat beli online.Kata kunci: Niat Membeli Online, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Motivasi, dan Persepsi Risiko

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi ...