Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis

PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM E-COMMERCE

Afeni Maxuel (Unknown)
Anita Primastiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah sosialisasi perpajakan, kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan data primer dengan menggunakan kuesioner. Penelitian mengambil sampel pengusaha e-commerce yang ada di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengirimkan kuesioner melalui chat personal atau melalui e-mail dalam bentuk google form kepada pengusaha e-commerce. Jumlah kuesioner yang diolah adalah 100 kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce sedangkan kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM e-commerce.Kata kunci: sosialisasi perpajakan, kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak, umkm e-commerce. ABSTRACT This study aims to examine whether taxation socialization, awareness of taxpayers and tax sanctions affect the tax compliance of MSME e-commerce taxpayers. This research method uses quantitative descriptive methods and primary data using a questionnaire. The study took a sample of e-commerce entrepreneurs in Indonesia. The sampling technique uses purposive sampling. Data collection is done by sending questionnaires via personal chat or via e-mail in the form of Google forms to e-commerce entrepreneurs. The number of questionnaires processed was 100 questionnaires. Data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that taxation socialization has a positive effect on tax compliance of MSME e-commerce taxpayers while awareness of taxpayers and tax sanctions does not have a significant effect on tax compliance of MSME e-commerce taxpayersKeywords: taxation socialization, taxpayer awareness, tax sanction, taxpayer compliance, e-commerce SME

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi ...