Jurnal Rekayasa Lingkungan
Vol 20, No 2 (2020)

MINAT KONSUMSI PRODUK PANGAN ANAK JENIS SEMPOL BERZAT BESI DENGAN METODE HEDONIK

Puspitasari, Amallia (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan pengujian minat konsumsi anak-anak berusia dibawah 5 tahun terhadap produk  pangan sempol berzat besi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hedonik yang dilanjutkan dengan deskriftif. Dalam pengujiannya menggunakan perangkat lunak SPSS berdasarkan data kuesioner yang diukur berdasarkan skala linkert dengan 50 responden. Terdapat 5 variabel dalam penelitian ini yaitu aroma, rasa, warna, kenampakan dan tekstur.Hasil penelitian didapatkan bahwa produk sempol berzat besi yang diminati anak-anak berusia dibawah 5 tahun mempunyai karakteristik produk aroma harum dominan, rasa manis, berwarna terang, merupakan produk yang unik dan teksturnya mudah dikunyah. Berdasarkan hasil diharapkan dapat menjadi sumber alternatif pangan sumber zat besi yang diminati anak. Selain itu, diharapkan dapat dilakukan pengembangan produk di UKM pangan sempol.

Copyrights © 2020